Cara Cepat Mengubah Kebiasaan Buruk

Cara cepat mengubah kebiasaan buruk


Sesuatu yang dilakukan secara berulang-ulang akan menjadi sebuah kebiasaan. Jika yang dilakukan secara terus- menerus adalah hal baik, maka akan menjadi kebiasaan baik. Begitu sebaliknya. Terkadang kita menyadari kebiasaan buruk yang sudah melekat dalam diri tapi tidak tahu cara menghentikannya. Padahal ada cara cepat yang bisa dilakukan untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. 


Segera Menyadari Dampaknya Jangka Panjang

Tidak semua orang sadar tentang dampak jangka panjang kebiasaan buruk yang dilakukan saat ini. Meskipun sadar jika yang dikerjakan adalah kebiasaan buruk. Seperti kebiasaan burukku yang over sharing. Niat hati ingin membagi kebahagiaan dengan orang lain atau agar orang lain mengambil pelajaran berharga dari setiap cerita sedih kita. Namun, tanpa disadari dampak over sharing ini bisa menjadi bumerang untuk diriku sendiri. 


Ketika orang lain menyimak cerita kita, respon mereka akan beragam. Tidak semua peduli dengan apa yang kita alami. Sebagian dari mereka hanya penasaran. Sebagian yang lain menjadikan bahan ghibahan saat kita tidak bersama mereka. Begitu juga ketika kita mengambil sebuah keputusan besar dan bercerita ke orang lain. Alih-alih mengubah sudut pandang, seandainya ada di posisi kita dan memahami alasan pengambilan keputusan tersebut, yang terjadi adalah penghakiman. Hal yang lebih mencengangkan, dilakukan di belakang kita. Padahal mereka adalah orang-orang yang sangat kita percaya. 


Jika segera menyadari dampak negatif  dari kebiasaan buruk kita, otomatis kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. memang tidak mudah. Tapi kesadaran itu akan memperkuat niat kita untuk segera berubah. Hari ini masih over sharing, malam hari berniat lagi supaya besok bisa berkurang sekian persen. Semakin sadar bahwa sangat serius dampak negatif dari kebiasaan buruk kita, semakin cepat mengubah kebiasaan buruk.


Kita bukan tidak bisa mengubah kebiasaan buruk, tapi hanya butuh alasan untuk berubah. Menyadari besarnya dampak negatif jangka panjang bisa menjadi alasan kuat untuk mengubah kebiasaan buruk. Niat dan motivasi diri adalah hal dasar untuk mengubah kebiasaan buruk.


Dimulai Saat Ini Juga

Niat dan motivasi sudah kuat, langkah berikutnya adalah memulai saat ini juga. Tidak ada alasan menunda melakukan perbuatan baik. Berlaku dalam hal mengubah kebiasaan buruk. Memulai dari hal terkecil dan saat ini juga. Upaya untuk mengubah kebiasaan burukku yang over sharing, aku berusaha untuk menulis jurnal. Meluapkan apa yang aku rasakan dalam bentuk tulisan. Jika tetap ingin bercerita, aku bercerita di depan cermin atau merekam diri sendiri. Terdengar agak aneh mungkin. Tapi setidaknya aku sudah menyalurkan 20.000 kata Sebagai seorang ekstrovert. 


Menunda mengubah kebiasaan buruk meski menyadarinya membuat kita semakin sulit mengatasinya. Kebiasaan buruk seperti halnya bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Dampaknya bisa untuk diri sendiri dan juga orang lain. Kebiasaan buruk yang kita lakukan tanpa disadari juga bisa merugikan orang lain. Kebiasaan burukku yang over sharing misalnya, akan menambah beban pikiran untuk orang lain. Membuat orang lain ikut terlibat dalam permasalahan kita. Padahal mereka juga punya masalah yang tak kalah rumitnya. Jadi, yakin masih mau menunda mengubah kebiasaan buruk? Lakukan saat ini juga karena umur manusia tidak ada yang tahu. yuk, ubah kebiasaan buruk kita saat ini juga!








Komentar